Posted by : Unknown Sabtu, 15 Maret 2014


Tidak bisa dipungkiri, Oracle adalah RDBMS yang paling banyak digunakan di dunia karena kehandalannya. Dan bisa dibilang Oracle merupakan kiblat bagi RDBMS lain dalam mengembangkan fitur-fiturnya. Namun, dari berbagai kelebihan tersebut, Oracle sedikit menyimpan "kelemahan". Yaitu services-nya yang bisa dibilang cukup berat.

Ya, jika dibandingkan dengan beberapa RDBMS lain, service Oracle terbilang cukup berat. Apalagi jika dijalankan di komputer dengan spek yang tidak terlalu bagus. Dan hal ini diperparah dengan automatic start yang akan me-load services Oracle ketika sistem operasi dijalankan. Tentu beban komputer akan semakin berat.

Nah, untuk menyiasati masalah tersebut, kita bisa mengatur services Oracle agar berjalan secara manual. Artinya kita hanya akan mengaktifkan services tersebut jika kita butuhkan.

Pertama masuk ke Windows services dengan cara menekan tombol logo windows + r secara bersamaan untuk menampilkan jendela Run. Kemudian ketik "services.msc".


Setelah windows services telah terbuka, cari services dari Oracle. Anda akan menemukan beberapa services dengan nama awal Oracle. 


Cari services dari Oracle yang Startup type-nya automatic. Klik kanan pada service tersebut dan pilih properties. Kemudian ganti Startup type-nya menjadi manual.


Jika Anda ingin menonaktifkan service tersebut, tinggal klik Stop. Sedangkan jika Anda ingin mengaktifkan lagi di suatu hari, lakukan hal sebaliknya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

About Us

Diberdayakan oleh Blogger.

Games & Multimedia

SCIENCE & TECHNOLOGY

Like Us

Advertisment

Popular Posts

Follow us on FaceBook

- Copyright © Jurnal Kuliah -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -