Posted by : Unknown Sabtu, 15 Maret 2014


Beberapa hari yang lalu saya mencoba untuk menginstal Oracle 11g Express Edition (XE) untuk kebutuhan kuliah. Namun, saat proses instalasi muncul peson error "The installer is unable to instantiate the file C:\Users\Didik\AppData\Local\Temp\{BECA507A-DAAD-4E77-9619-10984220AA2D}\KEY_XE.reg. The file does not appear to exist.".


Tanpa membuang waktu, saya pun langsung mencarinya di google dengan kata kunci "The installer is unable to instantiate the file". Dari hasil pencarian tersebut, saya mendapat beberapa petunjuk. Ternyata masalah ini dialami oleh mesin yang menggunakan arsitektur 64 bit. Sebagai catatan, sistem operasi yang saya gunakan adalah Windows 8.1 64 bit.

Hal ini terjadi karena installer tidak berhasil menulis data di registry. Nah, untuk menyelesaikan masalah ini, kita harus mengetikkannya secara manual di registry. Berikut langkah-langkahnya.
1. Saat pesan error di atas muncul, biarkan dialog box tetap terbuka. Kemudian masuk ke registry editor. Tekan logo windows + r secara bersamaan. ketik "regedit" di kotak run. Enter.


2. Perhatikan kolom sebelah kiri saat registry sudah terbuka. Kemudian masuk ke folder berikut: HKEY_CLASSES_ROOT -> Installer -> Products -> 266B7A….. -> SourceList-> Media.

3. Di kolom sebelah kanan Anda akan menjumpai string dengan nama "1". String inilah yang akan kita edit. Klik kanan pada string tersebut dan pillih "modify".


4. Pada "value data", isi dengan alamat yang tertera pada pesan error yang Anda dapatkan. Misalkan pesan error yang saya dapatkan di atas, maka yang saya isikan adalah "C:\Users\Didik\AppData\Local\Temp\{BECA507A-DAAD-4E77-9619-10984220AA2D}\". Klik ok jika sudah.


5. Tutup registry dan lanjutkan instalasi. Jika  muncul pesan error yang sama, langsung klik ok saja.

6. Untuk mengecek apakah proses instalasi sudah berjalan dengan baik, coba jalankan Oracle lewat web ataupun konsol.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai masalah error saat instalasi Oracle 11g XE. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

About Us

Diberdayakan oleh Blogger.

Games & Multimedia

SCIENCE & TECHNOLOGY

Like Us

Advertisment

Popular Posts

Follow us on FaceBook

- Copyright © Jurnal Kuliah -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -